welcome

selamat datang di bog sederhana ini... walau sederhana suatu saat blog ini akan mendunia...

Senin, 16 Mei 2011

PERKEMBANGAN ORGANISASI DI ABAD 21


@Tugas kelompok

PERKEMBANGAN ORGANISASI DI ABAD 21
DAN KEMUNGKINAN PENERAPANNYA DI INDONESIA



 Disusun oleh :
Kelompok 6
ANDI FATRI INDRIADI
ZAINUDDIN
AKHMAD AMIRUDDIN
MUH. THAHA LESSI
AKHMAD SOFYAN
A. SULFI AWAL
105 64 378 09
105 64 385 09
105 64 374 09
105 64 683 09
105 64 387 09
105 64 403 09

JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
MAKASSAR
KATA PENGANTAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarkatu
          Puji syaukur saya panjatkan kehadiran Allah SWT, atas limpahan rahmatnyalah sehingga Kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “PENGEMBANGAN ORGANISASI”.
Tidak lupa pula saya kirimkan syalawat dan taslim kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, atas perjuangan beliaulah sehingga kita dapat terlepas dari dunia gelap gulita menuju dunia yang terang akan rahmat sang pengcipta.
Dan kepada dosen dan teman-teman yang ikut memberikan dorongan, serta motifasi kepada kami, kami ucapkan banyak terima kasih.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarkatu


Penulis


Kelompok 6


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Berbagai jenis organisasi di abad 21 akan lebih maju apabila tanggap terhadap perubahan, baik yang bersumber dari dalam organisasi maupun dari lingkungan luar. Organissi perusahaan dihadapkan pada tuntutan perubahan yg semakin kuat. Kondisi ini mengharuskan para manajer untuk bersikap proaktif menyikapi perubahan. Sehubungan dengan hal tsb, pengembangan organisasi sebahai instrument ilmiah, berperan penting dalam mewujudkan perubahan tersebut melalui sebuah proses diagnostik. Berbagai teknik intervensi oleh konsultan bisa digunakan agar organisasi bisa berkembang, adaptif dan efektivitasnya meningkat .

B.            Rumusan Masalah
1.       Mengetahui Pengertiannya Pengembangan Organisasi
2.      Unsur pokok dari prasarat tersebut
3.      Perkembangan konsep organisasi
4.      Implementasi konsep organisasi abad 21 pada lingkungan pemerintah daerah di Indonesia
5.      Praktek OD memerlukan waktu yang berjangka panjang,
6.      Mengetahui Manfaat penggunaan organisasi
7.      Mengetahui Tantangan organisasi abad 21



BAB II
PEMBAHASAN

A.           Pengertiannya Pengembangan Organisasi
Usaha berencana yang meliputi organisasi secara keseluruhan , dan dikelola dari pucuk pimpinan, untuk meningkatkan efektivitas dan kesehatan organisasi , melalui intervensi yang berencana dalam proses organisasi, dengan mempergunakan pengetahuan ilmu perilaku.
Pengembangan Organisasi merupakan suatu prasarat untuk suatu perubahan, pembaharuan dan penyempurnaan yang berencana di dalam suatu organisasi tertentu.
Dalam pengembangan organisasi terdapat juga beberapa Karakteristik Pengembangan Organisasi oleh An.Fha.Iiadi yang dikutip dalam wikipedia
Organisas pada dasarnya merupakan sistem terbuka yang menerima dan memberi masukan kepada lingkungannya baik lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Pada oraganisasi pemerintahan, lingkungan internal yang paling dominan mempengaruhinya adalah kerjasama antar karyawan.

B.            Unsur pokok dari prasarat pengembangan organisasi
1. Berencana dan berjangka panjang.
2. Organisasi secara keseluruhan.
3. Dikelola/di-manage
4. Evektivitas dan kesehatan organisasi.
5. Intervensi yang berencana.
6. Pengetahuan ilmu perilaku.

C.           Perkembangan Konsep Organisasi
Sebagai organisasi yang hidup dinamis organisasi harus dapat beradaptasi dengan perubahan C.K. Prahalad (1987) mengemukakan bahwa “kalo kita mau belajar berarti kita akan berubah, sedangkan jika kita tidak mau berumah mengikuti atau mendahului perubahan maka kita akan tersingkir.
Senge mengemukakan pendapatnya mengenai disiplin
1.      Kematangan pribadi : yaitu pribadi sudah siap untuk ikut melakukan perubahan agar organisasinya bisa berkembang
2.      Modal mental : yaitu manusia atau kelompok atau karyawa yang bekerja di dala lingungan organisasi hadus memiliki modal mental agal kuat dalam menghadapi perubahan organisasinya
3.      Menyebarkan visi : sang pemimpin organisasi harus bisa menanamkan visi organisasinya kepada karyawannya, agar karyawannya juga merasa memiliki organisasi tersebut
4.      Tim pembelajaran : yaitu tim yang melakukan penelitaan dan evaluasi untuk meperbaiki kinerja organisasi di waktu-waktu sebelumnya.
5.      Berpikir sistematik : yaitu para karyawan harus bisa berpikir sistemati demi kemajuan organisasi.
Agar organisasi dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan sekitarnya diperlukan proses traspormasi organisasi yaitu :
1.      Reframing corporate direction
2.      Restructuring the company
3.      Revitalizing the entrerise
4.      Renewing people

D.           Implementasi konsep organisasi abad 21 pada lingkungan pemerintah daerah di Indonesia
Perkembangan konsep organisasi secara umum sebagaimana yang dikemukakan diatas tidak sertamerta dapat dilakukan oleh organisasi pemerintahan. Menurut Kuhn (1976) organisasi pemerintah tersusun oleh enam asumsi

E.            Praktek OD memerlukan waktu yang beranisasi abad 21 jangka panjang,
hal ini disebabkan karena :
(1)     Mengubah sistem budaya dan proses tidaklah mudah. Cara ini amat kompleks, rumit, dan memakan waktu.

(2)     Adanya asumsi bahwa masalah organisasi itu tidaklah mudah, kompleks, rumit dan beraneka segi. Oleh karena itu intervensi yang singkat tidak akan mampu mengatasi persoalannya.

F.            Manfaat penggunaan organisasi
1. Dari perspektif individu.
Seseorang bisa bertindak sebagai konsultan internal maupun konsultan eksternal.
2. Dari perspektif organisasi.
OD membantu organisasi menjadi tetap sehat, berlanjut kehidupannya, dan lebih mencapai efisiensi kerja dalam situasi dunia yang selalu berubah.

Pastinya setiap pengembangan Organisasi Tujuan yang akan dijadikan tumpuan untuk berkembang dan lebih maju lagi dalam dalam menghadapi kemajuan era, seperti yang dikatakan oleh An.Fha.Iiadi yang dikutip dalam wikipedia bahwa ada beberapa tujuan pengembangan organisasi di abad 21 ini

G.           Tantangan organisasi abad 21
a.       kompetisi global
b.      desain organisasi,
c.       memotivasi sumber daya manusia, dan tanggung jawab karyawan
d.      kecepatan produk ke konsumen.
e.         teknologi komunikasi.
Semakin besar kelompok maka makin sulit membina hubungan, persahabatan, dan kepentingan yang diinginkan para anggota. Bila kepuasan kerja hilang, motivasi menurun, kinerja turun.
BAB III
PENUTUP

A.           Kesimpulan :
·         Sebagaimana diketahui bersama, bahwa perubahan, pembaharuan, dan penyempurnaan itu cepat atau lambat akan kita alami bersama.
·         Suatu organisasi yang tidak pernah melakukan perubahan dan penyempurnaan, sedangkan perubahan lingkungan berjalan dg cepat, maka organisasi tersebut akan mengalami kemunduran.
·         Usaha perbaikan organisasi yang dirancang secara jelas dan prosesnya berjalan secara teratur, terkendali, dan berjangka panjang, akan membantu organisasi menyesuaikan dirinya dengan perubahan lingkungan yang sangat pesat itu.
·         Usaha perubahan dan pembaharuan itu dikenal dengan sebutan Pengembangan Organisasi.

B.            Saran
Demikian isi makalah yang kelompok kami bua ini, sesungguhnya dalam isi makalah ini masih banyak kesalahan yang penulis tulis dalam kelomk ini, maka dari itu kami harapkan campur tangn saudara-saudara dalam pembahasan makalah ini, baik itu kritik maupun saran yang dapat membantu, kami ucapkan banyak terimah kasih.


DAFTAR PUSTAKA

1 komentar: